Kamis, 19 November 2020

Contoh Penulisan CBR dan CJR

 CBR dan CJR


1. CBR (Critical Book Report) adalah kegiatan untuk mengkritisi buku atau mengetahui kelemahan dan kekuranagan dalam buku, baik dalam sistematika penulisan,penggunaan bahasa,isi materi dan tampilan buku. hal tersebut dilakukan agar buku yang dikritik dapat direvisi agar menjadi buku yang lebih baik. Contoh penulisan CBR :




MK. TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI

 
CRITICAL BOOK REPORT

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah



Buku utama : Buku Ajar Teknologi, Informasi dan Komunikasi

(EniFariyatul Fahyuni, S.Psi, M.Pd.I)

Buku Pembanding : Pengantar Teknologi Informasi (edisi revisi)

(Abdul Kodir & Terra Ch.Triwahyuni)

 

                                NAMA                        : Vera Wati Sihombing

                                KELAS                       : E_Geografi

                                NIM                            : 3203131029

                               MATA KULIAH         : Teknologi Informasi dan Komunikasi

                               DOSEN PENGAMPU : M. Taufik Rahmadi, S.Pd., M.Sc

 

JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

2020


KATA PENGANTAR

 

     Puji syukur saya panjatkan pada Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan hidayahnya saya dapat menyelesaikan tugas Critcal Book Report ini tepat waktu. Dan juga saya tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada dosen mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah memberi saya tugas serta membimbing saya , hingga tugas ini dapat diselesaikan.

     Saya berharap tugas Critical Book Report ini dapat berguna dan menambah ilmu serta wawasan bagi pembaca. Saya juga sebagai penulis menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini masih banyak kesalahan  yang tidak diharapkan. Untuk itu saya sebagai penulis menerima kritik, saran dan usulan untuk memperbaiki setiap tugas untuk kedepannya.

     Semoga tugas laporan ini dapat dipahami dan menmbah ilmu bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi penulis dan pembaca. Demikian laporan yang saya buat, apabila ada kesalahan dalam kata-kata yang kurang berkenan saya minta maaf dan saya menerima saran dan kritik untuk membangun tugas ini di masa depan.

 

 

Medan, 2020

 

 

Vera Wati Sihombing


DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR. i

DAFTAR ISI ii

Identitas Buku. 1

BAB I 2

PENDAHULUAN.. 2

A.     Rasionalisasi Pentingnya CBR. 2

B.      Tujuan CBR. 2

C.      Manfaat CBR. 2

BAB II 3

RINGKASAN.. 3

1.      Rinkasan Buku Utama. 3

2.      Rinkasan Buku Pembanding. 4

BAB III 6

PEMBAHASAN.. 6

1.      Pembahasan Buku Utama dan Pembanding. 6

2.      Analisis Buku Utama dan Pembanding. 6

BAB IV.. 7

PENUTUP. 7

DAFTAR PUSTAKA.. 7


Identitas Buku

 

1.      Judul Buku Utama  : Ajar Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pengarang               : Eni Fariyatul Fahyuni, S.Psi,M.Pdi

Penerbit                  : UMSIDA PRESS

Tahun Terbit          : 2017

ISBN                      : 978-979-3401-60-7

Halaman Buku       : 232 halaman


2.      Judul Buku Pembanding  : Pengantar Teknologi Informasi

Pengarang                        : Abdul Kodir & Terra Ch. Triwahyuni

Penerbit                            : Andi yogyakarta

Tahub Terbit                    : 2013

ISBN                                : 978-979-29-2159-5

Halaman Buku                 : 26 halaman




BAB I

PENDAHULUAN

 

A.     Rasionalisasi Pentingnya CBR

     Banyak orang sering kalibingung dalam memilih buku referensi untuk dibaca. Dan hal ini terjadi karena saat kita ingin membaca dan mengmbil satu buku namun tidak memuaskan, karena buku yang dibaca sulit dipahami dalam penggunaan kata atau kurangnya materi pembahasan dalam buku tersebut.

     Oleh karena itu penulis membuat CBR (Critical Book Report) ini untuk mempermudah pembaca dalam memilih buku  referensi.

 

B.     Tujuan CBR

     Mengkritisi atau membandingkan sebuah buku yang berbeda dengan topic yang sama, yang dibandingkan dalam buku tersebut yaitu, kelengkapan pembahasannya, keterkaitan antar bab,serta kekurangan atau kelebihan yang terdapat dalam buku tersebut.

 

C.     Manfaat CBR

Adapun manfaat dari penulisan Critical Book Refiew ini adalah :

1.      Untuk menambah wawasan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi .

2.      Untuk mengetahui dasar-dasar dari Teknologi Informasi dan Komunikasi.

3.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi dan komunikasi.


 

BAB II

RINGKASAN

 

1.     Rinkasan Buku Utama

     Saat mendngar kata teknologi pasti yang kita pikirkan adalah seperti computer, mp3 dan jenis teknologi lainnya. Pada jaman sekarang teknologi sudah seperti menjadi kebutuhan utama kita, bahakan setiap orang , pelajar maupun guru menjadikan teknologi sebagai media pembelajaran. Dan mungkin saja bahwa setiap sekolah sudah menerapkan materi TIk (Teknologi Informasi dan Komunikasi).  Saat ini teknologi sangatlah mempengaruhi kehidupan manusia dalam berbagai aspek . teknologi komunikasi yang terus mengalami kemajuan akan mempengaruhi pola komunikasi masyarakat nantimya. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa mengintegrasikan TIK dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam pendidikan merupakan hal yang sangat penting saat ini. Saat ini hamper setiap siswa mengakse internet. Menurut Hardjito , bahwa secara nyata internet memang akan bisa digunakan dalam setting pembelajaran disekolah, karena memiliki karakteristik yang khas yaitu;

1.      Sebagai media interpersonal dan juga sebagai media massa yang memungkinkan terjadinya komunikasi one-to-one maupun one-to-many.

2.      Memiliki sifat interktif

3.      Memungkinkan terjadinya komunikasi secara synchronous maupun asynchronous, sehingga memungkinkan terselenggarakannya ketiga jenis komunikasi yang merupakan syarat terselenggaranya suatu proses belajar mengajar.

 

Kemajuan media computer memberikan beberapa kelebihan untuk kegiatan prosuksi audio visual. Aplikasi computer dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individu learning). Pemakai computer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi. Perkembangan teknologi computer jaringan (computer network/ imternal) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang di inginkan. 

  Pemanfaatan microsoft power point. Microsoft power point merupakan sebuah software yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan microsoft berbasih multi media.microsoft power point adalah program aplikasi untuk membuat atau mengolah data presentasi. Data presentasi yang dibuat dapat berupa teks, tabel, gambar, bagan organisasi, dan lain sebagainya. Media pembelajaran visual , media yang sering digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah media visual, karena media ini merupakan media yang sederhana dan mudah dijangkau oleh setiap orang. Dari penjelsan di atas dijelskan bhwa teknologi sangatla berguna bagi masyarakat,

    E-learning adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media yang digunakan adalah jaringan computer. System E-learning tidak memiliki batasan akses. Penggunaan blended learning bertujuan untuk mendapatkan kualitas pembelajaran yang baik dimana metode online learning dapat memberikan materi secara online tanpa batas ruang dan waktu. Keterampilan TIK adalah kompetensi pada bidang pembelajaran yang mencerminkan pemerataan yang luas dalam keterampilan penggunaan TIK. Keterampilan TIK di adaptasi, di transfer, dan digunakan sebagai alat untuk membantu transformasi pembelajaran dalam hubungannya dengan keterampilan penting lainnya.

 

1.     Ringkasan Buku Pembanding

     Teknologi informasi (information technplogy) adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas- tugas yeng berhubungan dengan pemrosesan informasi. Teknologi computer adalah teknologi yang berhubungan dengan computer, termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan computer yaitu: printer, pembaca sidik jari, dan bahkan CD.komputer adalah mesin serba guna yang dapat dikontrol oleh program, dan digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.

     Teknologi komunikasi atau biasa juga disebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Yang termasuk dalam teknologi ini adalah telepon,radio,dan televisi. Teknologi tidak harus secara spesifik berupa computer dengan computer, tetapi juga dapat berupa perantara seperti ponsel ataupun peralatan elektromanika yang lain.

    Teknologi penyimpan, dibedakn menjadi 2 yaitumemori internal dan memori eksternal. Contoh penyimpanan memori internal: ROM dan RAM. Contoh penyimpanan materi memori eksternal: hard disk dan disket. Teknologi keluaran (output technology) adalah teknologi yang berhubungan dengan segala peran yang berfunsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan system, comtonya yaitu: layar atau monitor dan printer.

     System teknologi informasi dapat dibedakn dengan berbagai cara penglafikasian, misalnya menurut fungsi system, menurut departemen dalam perusahaan bisnis, dan menurut dukungan terhadap level manajemen dalam perusahaan dalam. System teknologi informasi dapat dibedakan menjadi system teknologi informasi yang melekat, system teknologi informasi yang khusus, dan system teknologi informasi serbaguna.

a      Sistem teknologi informasiyang melekat (Embedded IT Sisitem) adalah system yang melekat pada produksi lain. Contoh: system VCR ( video cassette recorder). Penerapan embleded it system adalah pembaca kartu RFID yang dapay mengendalikan lift agar seseorang hanya bisa masuk ke lantai tertentu sesuai yang di program di kartu RFID

b.      System Teknologi informasi khusus ( decidated it system) berupa system yang dirancang untuk melkukan tugas-tugas khusus. Contoh ATM dirancang khusus untuk melakukan pengecekan keuangan bagi nasabah bank

c.       System teknologi serbaguna berupa system yang dirancang untuk melakukan tugas tugas apa saja.


 

BAB III

PEMBAHASAN

 

1.     Pembahasan Buku Utama dan Pembanding

     Teknologi informasi dan komunikasi sangatlah penting dalam era globalisasi ini. Apalagi penggunaan TIK sudah dipakai dalam pendidikan bahkan disetiap sekolah mengajarkan materi pembelajaran TIK. Yang menggunakan ilmu computer bukan hanya siswa tapi juga guru bahkan masyarakat umum. Kegunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari sudah seperti kebutuhan utama. Banyak kegunaan ilmu computer untuk manusia seperti; dapat mengerjakan tugas, mngakses atau melakukan pencarian, melakukan presentasi, dan lain sebagainya,

 

2.     Analisis Buku Utama dan Pembanding

Kelebihan :

·         Pembahasan dalam kedua buku sangatlah jelas

·         Sampul pada buku utama sangatlah bagus sehingga menarik peminat pembaca

·         Penggunaan kata pada kedua buku mudah dimengerti karna bahasa yang dipakai bahasa yang sederhana

Kekurangan :

·         Kedua buku memiliki istilah-istilah yang sulit dipahami

·         Sampul pada buku pembanding kurang menarik

·         Pada buku utama menjelaskan dengan bertele-tele


BAB IV

PENUTUP

 

1.      Kesimpulan

     Dapat disimpulkan bahwa kedua buku menjelskan dengan sangat jelsa tentang TIK (teknologi informasi dan komunikasi) dan teknologi sudah dipakai seluruh Negara , apalagi pada zaman modern ini semuanya serba instan. Bahkan dalam pendidikan TIK sangatlah berdampak besar dalam pembelajaran, menggunakan akses internet untuk mencari informasi dengan mudah, dalam melakukan tugas, dan menambah ilmu dengan video pembelajaran.

 

2.      Saran

     Adapun saran penulis ialah untuk membangun , kedua buku ini sangatlah cocok dijadikan buku referensi dan penjelasan disetiap bab juga dijelskan denngan terperinci dan kritis. Mungkin itu saja saran yang saya sampaikan semoga dapat membangun untuk kedepannya.


DAFTAR PUSTAKA

 

 

EniFariyatulFahyuni,S.P.Si,M.Pd.I,2017,Ajar  Teknologi Informasi dan Komunikasi;UMSIDA PRESS

 

AbdulKodir&TerraCh.Triwahyuni,2013,Pengantar Teknologi Informasi;ANDI Yogyakarta


2. CJR (Critical Journal Review) adalah mengkritisi satu atau lebih jurnal. penulisan jurnal dilakukan untuk mempermudah dalam membahas inti hasil penelitian yang ada. dan dalam jurnal yang dikritisi adalah dimana penelitian dilakukan, metode apa yang digunakan dala jurnal tersebut, apa hasil dari jurnal tersebut, dan apa tujuan yang dilakukan dalam penulisan jurnal tersebut. penulisan CJR membuat seseorang berpikir kritis. Contoh penulisan CJR : 


SKOR NILAI :

 

CRITICAL JOURNAL REVIEW

MK. TIK

 



(Pemanfaatan TIK Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran di Sekolah)

(Pemanfaatan teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar)

NAMA                             : VERA WATI SIHOMBING

NIM                                 : 3203131029

KELAS                            : E_GEOGRAFI

DOSEN PENGAMPU   : M. Taufik Rahmadi, S.Pd., M.Sc

MATA KULIAH            : TIK

 

PENDIDIKAN GEOGRAFI

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

2020



KATA PENGANTAR

 

          Puji syukur saya panjatkan pada Tuhan Yang Maha Esa karena dengan Rahmat dan Hidayah nya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Critical Journal Review ini dengan baik dan tepat waktu. Saya juga sebagai penulis tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada Dosen mata kuliah TIK.

          Penulis sangat berharap bahwa rugas Critical Journal Review ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahan kita. Dan penulis juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan atau kesalahan yang tak diinginkan di dalam makalah ini. Maka dari itu penulis meminta kritik dan saran yang membangun dari Dosen pengampu atau pembaca agar penulis dapat memperbaiki makalah nya untuk masa yang akan datang.

         Semoga penulisan yang sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membaca nya. Sekiranya tugas review yang telah saya susun ini dapat berguna bagi penulis maupun pembaca. Sekian dari makalah yang telah saya susun maaf bila ada kesalahan dalam kata saya berterima kasih atas saran dan kritik yang dapat membangun saya.

 

 

Medan, 2020

 

Penulis


 

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR. i

DAFTAR ISI ii

BAB I 1

PENDAHULUAN.. 1

1.1         Latar Belakang. 1

1.2         Tujuan. 1

1.3         Manfaat. 1

1.4         Identitas Jurnal 1

BAB II 2

PEMBAHASAN.. 2

2.1         Jurnal Pertama. 2

2.2         Jurnal Kedua. 5

BAB III 7

ANALISIS. 7

1.      Kelebihan : 7

2.      Kekurangan : 7

BAB IV.. 8

PENUTUP. 8

A.     Kesimpulan. 8

B.      Saran. 8

DAFTAR PUSTAKA.. 9



BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1 Latar Belakang

         Pembuatan Critical Journal review ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Selain itu tugas ini disusun untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang pemakaian atau perkembangan teknologi di jaman Modern sekarang. Dan dalam CJR ini akan membahas tentang Jurnal yang akan dianalisis dan akan membandingkan antara 2 jurnal secara kritis dan relevan.

 

 

1.2 Tujuan

-          Untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi

-          Mengetahui kekurangan dan kelebihan yang terdapat dalam jurnal yang dibahas

-          Menganalisis materi yang bersangkutan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam jurna

-          Menambah pengetahuan dan wawasan untuk penulis cara bagaimana penyusunan jurnal yang baik dan benar.

 

 

1.3 Manfaat

          Manfaat dari penyusunan tugas ini adalah untuk melatih mahasiswa untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam jurnal serta membandingkan antara kedua jurnal dengan kritis dan relevan. Dan penyusunan CJR ini untuk mempelajari tentang materi yang bersangkutan dengan Tik, dan mengetahui bagaimana penulisan jurnal yang baik dan benar. Penyelesaian tugas ini juga untuk memenuhi tugas mata kuliah TIK.


1.4 Identitas Jurnal

 

Jurnal Pertama

 

-          Judul  : Pemanfaatan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Di Sekolah

-          Penulis : Sodiq Anshori

-          Nama Jurnal : Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn dan Sosial Budaya

-          Penerbit : Civic Culture

-          Tahun terbit : -

-          Kota Terbit : -

-          ISSN (p) : 2579-9924

-          ISSN (e) : 2579-9878

-          Vol : -

-          NO : -

-          Halaman : 10-20

Jurnal Kedua

-          Judul : Pemanfaatn Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar

-          Penulis : Kukuh Andri Aka

-          Nama Jurnal : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

-          Penerbit : ELSE

-          Tahun Terbit : 2017

-          Kota terbit : Kediri

-          ISSN (p) : 2581-1800

-          ISSN (e) : 2597-4122

-          VOl : 1

-          No : 2a

-          Halaman : 28-37


BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1Jurnal Pertama

         Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melaju begitu cepat merambah ke semua sector kehidupan. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat. Saat ini konsep e-learning banyak diterima oleh masyarakat di dunia, terbukti dengan maraknya implementasi e-learning khususnya di lembaga pendidikan. System ini merupakan system yang efisien dan efektif karena dengan hanya menggunakan koneksi internet akan terwujud suatu proses pembelajaran. sumber belajar dalam era digital ini dikenal dengan istilah OER (open Educational Resource) yaitu setiap asset atau sumber belajar yang dapat diakses, diunduh dan digunakan secara bebas dan terbuka oleh public untuk kepentingan pembelajaran dan penelitian, tanpa perlu mengajukan ijin tertulis kepada pencipta/penerbit. 

          Perubahan lingkungan ,social, ekonomi, teknologi, sampai politik sangat berpengaruh pada dunia pendidikan maka perlu adanya suatu pemikiran bagaimana perubahan tersebut mampu mempengaruhinya sebuah institusi social dan tentu berinteraksi dengan perubahan tersebut. Perkembangan dunia pendidikan adalah munculnya teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap aktivitas manusia, termasuk masa sekarang. Dikemukakan pendapat menurut Sondang P Siahaan, yaitu terdapat tiga fungsi pembelajaran di dalam kelas yaitu :

1.      Suplemen, pembelajaran TIK pada peserta didik merupakan tambahan

2.      Komplemen, pembelajaran TIK pada peserta didik merupakan pelengkap

3.      Substitusi, pembelajaran TIK pada peserta didik dapat mengerjakan tugas nya dengan waktu dan aktivitas nya secara fleksibel

Penerapan TIK dalam pembelajaran diharapkan siswa dapat menggunakan nya dan mengeksplorasi, mencari, menganalisa, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Penambahan kemampuan siswa dapat mengembangkan sikap inisiatif dan kemauan belajar dengan mandiri, sehingga siswa dapat memutuskan sendiri dan mempertimbangkan kapan dan dimana menggunkan TIK secara tepat dan optimal. Keberhasilan penggunaan TIK adalah bagaimana siswa dapat belajar, dengan cara mengidentifikasi, mengembangkan, mengorganisasikan, serta menggunakan segala macam sumber media belajar. Defiinisi teknologi pembelajaran menyatakan bahwa teknologi pendidikan adalah teori dan praktek dalam hal desain, dan pengembangan.

          Metode penelitian, penelitian pada jurnal pertama menggunkan metode penelitian berupa studi literatur untuk mengetahui besarnya manfaat TIK dalam pembelajaran di sekolah, khususnya dalam mata pelajaran pengetahuan social. Hasil dari penelitian tersebut :

a.       Pengertian TIK

TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengembilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Ditinjau dari susunan kata nya TIK mempunyai pengertian dari tiap susunan kata nya. Kata pertama teknologi berarti pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material, dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Kata kedua dan ketiga yaitu informasi dan komunikasi yang memiliki hubungan yang erat kaitannya dengan data.

b.      Penggunaan TIK sebagai Sumber Media Belajar

Pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengajaran merupakan pemberdayaan unsur kekuatan luar yang mengakibatkan munculnya sumber pembelajaran yang luar biasa. Dimana sumber belajar dapat diakses kapan pun dan dimana pun. Penerapan pembelajaran melalui internet (e-learning), merupakan suatu media baru yang dapat mengatasi sikap pasif peserta didik. Dengan penerapan e-learning dapat memberikan manfaat pada peserta didik. Terdapat tiga tahap dasar dalam teknologi pendidikan sebagai acuan dalam pengembangan dan pemanfaatan : pendekatan system, berorientasi pada mahasiswa, pemanfaatan sumber belajar.

c.       Pemanfaatan TIK sebagai Media Pembelajaran di Sekolah

Pemakaian media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar dapat membangngkitkan keinginan dan minat yang baru, dan rangsanganan kegiatan belajar dan bahakan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Selain itu dengan semakin meluasnya kemajuan di bidang komunikasi dan teknologi, serta serta ditemukannya dinamika proses belajar, maka pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran semakin menuntut dan memperoleh media pendidikan yang bervariasi secara luas. Pemanfaatan TIK dalam hal positif untuk menunjang perkembangan pendidikan :

1.      Menyadarkan peserta didik akan potensi perkembangan TIK yang harus berubah sehingga peserta didik dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari TIK sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.

2.      Memotivasi kemampuan peserta didik untuk bisa beradaptasi dan mengantisispasi perkembangan TIK, sehingga peserta didik menjadi lebih mandiri dalam melakukan aktivitasnya.

3.      Mengembangkan kompetensi peserta didik dalam menggunakan TIK untuk mendukung kegiatan belajar.

4.      Mengembangagkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses belajar dapat optimal.

5.      Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam TIK untuk pembelajaran.

d.      Pemanfaatan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran di Sekolah

Peran sumber serta media pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan  kualitas proses belajar mengajar dengan harapan mampu meningkatkan

 kualitas hasil belajar siswa. Guru yang professional harus memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang media pembelajaran yaitu sebagaoi : media sebagai alat komunikasi, fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, seluk beluk kegiatan proses pembelajaran, hubunga metode dengan media pembelajaran, pemilihan penggunaan media pembelajaran, jenis dan alat teknik media, media dalam setiap karakteristik bahan belajar. Adanya media dan teknologi di dalam proses pembelajaran di kelas, telah mampu mengubah peran guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran. dangan melalui TIK sebagai sember media pembelajaran terbentuklah sikap dan kemampuan untuk menjadi seseorang pembelajaran sepanjang hayat dimana kemampuan yang perlu ditanamkan kepada peserta didik adalah kemampuan mencari informasidari sumber yang ada serta mampu memanfaatkan.

2.1Jurnal Kedua

          Pengaruh globalisasi sangat mempengaruhi system budaya suatu bangsa atau dengan kata lain pada era globalisasi saat ini muncul apa yang disebut kebudayaan global. Globalisasi mengakibatkan mudahnya penetrasi teknologi yang sangat canggih dari Negara-negara berkembang semacam Indonesia. Pada dunia pendidikan Indonesia, globalisasi memberi dampak keharusan perubahan pada cara mengajar guru yang dulunya bersifat tradisional berbasis paper menjadi kini berbasis TIK. Dalam bidang pendidikan, TIK telah mengubah paradigm penyampaian materi pelajaran kepda peserta didik. Salah satu contoh pemanfaatan TIK dalam pendidikan adalah dengan memanfaatkan teknologi seperti computer/laptop, jaringan internet, dan smartphone sebagai sumber atau media belajar sebagai sumber atau media belajarbagi siswa. Seperti yang kita ketahui bahwa peserta didik bukanlah sekedar obyek pasif dalam pembelajaran yang “diam dan duduk” saja, akan tetapi dapat menjadi subjek yang ikut berinteraksi langsung dalam pembelajaran. dalam hal tersebut secara bertahap pembelajaran yang cenderung tradisional ini perlu digeser engan model pembelajaran yang mengarah pada keaktifan siswa.

          Kajian Teori

-          Pengertian TIK, secara istilah TIK terdiri dari dua pengertian yang berbeda yaitu teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi. Lalu teknologi komunikasi meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memroses dan mantransfer informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

-          Fungsi TIK bagi Guru, Guru perlu menguasai pemanfaatan TIK untuk kebutuhan pembelajaranya dan kebutuhan tugasnya sebagai pembelajar. Fungsi TIK bagi Guru menurut Wijayanti :

1.      TIK dapa digunakan untuk membantu pekerjaan adminstratif .

2.      TIK dapat digunakan untuk membentu mengemas bahan ajar (multimedia)kebutuhan tingkat menengah

3.      TIK dapat digunakan untuk membantu proses manajeman pembelajaran seperti e-learning, kebutuhan tingkat lanjut, dll.

4.      TIK dapat digunakan untuk dukungan teknis dan meningkatkan pengetahuan agar dapat mewujudkan self running creation (antivirus, tools, jaringan, internet, dll).

-          Kompetensi penguasaan TIK yang harus dikuasai oleh guru sekolah dasar, standar kompetensi guru harus dikuasai dalam penguasaan TIK menurut wijayanti (2011) yaitu : mengoperasikan computer personal dan priferalnya, merakit, menginstalisasi, menset-up, memecahkan masalah computer personal , mengolah pangkalan data dengan computer personal dan server, membuat potensi interaktif.

-          Pemanfaatan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran di sekolah dasar, Pada umumnya TIK dapat dimanfaatkan pada seluruh jenjang pendidikan salah satunya yaitu sekolah dasar, pemanfaatan TIK pada sekolah dasar mangakibatkan guru harus lebih kreatif dalam menginovasikan TIK karena karakteristik setiap mata pelajaran berbeda-beda. Beberapa jenis sumber dan media pembelajaran berbasis TIK yang dapat dimanfaatkan guru disekolah dasar yqitu : computer/laptop, LCD (Liquid Crystal Display), smart television, jaringan internet, E-mail, presentasi power point CD pembelajaran, dan smarthphone.

-          Keterbatasan penggunaan TIK di sekolah dasar. Penerapan TIK cenderung berbasis mahal, memerlukan keterampilan yang berbasis TIK, program yang tersedia belum memperhatikan kreativitas siswa, mengurangi interaksi guru dengan siswa, proses pembelajaran cenderung ke pelatihan, terjadi penyalah gunaan di bidang pendidikan, tidak tersedia fasilitas internet/computer.

-          Upaya meningkatkan kemampuan penugasan TIK bagi guru : (1) mengirim guru untuk mengikuti pelatihan mengenal TIK, (2) mengadakan kegiatan tentang TIK, (3) melengkapi berbagai sarana dan media TIK, (4) melaksanakan dan melatih pembelajaran dengan strategi dalam TIK, (5) mengadakan studi banding.

 


BAB III

ANALISIS

 

1.     Kelebihan :

·         Gaya bahasa yang dipakai dalam kedua jurnal menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami

·         Penjelasan pada setiap paragraph yang terdapat pada kedua jurnal dijelaskan dengan detail

·         Jurnal kedua memiliki identitas yang lengkap

·         Jurnal pertama memiliki penggunaan metode penelitian

·         Jurnal kedua memiliki tahun terbit pada 2017, yang mungkin saja penelitian yang dilakukan masih memiliki hesamaan dengan tahun sekarang karena hanya berselisih tiga tahun.

·         Pada kedua jurnal disusun dengan aturan yang telah diterapkan, disusun secara sistematis dan relevan sehingga kedua jurnal merupakan jurnal yang baik.

2.     Kekurangan :

·         Pada jurnal pertama tidak memiliki identitas yang lengkap

·         Pada jurnal kedua tidak dijelaskan bagaimana atau metode apa yang dipakai dalam penelitian atau mendapat hasil

Pada kedua jurnal memilki banyak kata-kata yang sulit dimengerti (istilah) dan tidak memiliki pengertiannya



 

BAB IV

PENUTUP

 

A.     Kesimpulan

          Dapat disimpulkan bahwa penggunaan TIK dalam pelajaran di sekolah sudah banyak digunakan terutama pada sekolah dasar. Namun dalam penerapan TIK memiliki kelebihan dan kekurangan pada tiap-tiap proses nya. Kelebihan yang terdapat yaitu; mencari informasi dalam pelajaran sangat mudah dan kekurangannya adalah penyalah gunaan pada TIK, dan membuat guru harus belajar kembali untuk menyeimbangkan perkembangan teknologi. Jadi pemakaian TIK pada sekolah dasar sanagat membantu dan menambah kreativitas para guru daklam penyususnan materi, dan bagi siswa untuk meningkatkan kreatifiatas dalam belajar

 

B.     Saran

          Saya menyadari kekurangan dari penyusunan tugas CJR saya, maka dari itu saya meminta kritik dan saran yang membangun agar saya dapat memperbaiki Tugas saya untuk masa yang akan datang. Dan dari kelebihan dan kekutrangan yang terdapat dari jurnal tersebut, maka pembaca sebaiknya membaca kedua jurnal tersebut agar materi yang dibahas lebih lengkap. Dan kekurangan yang disampaikan bukan untuk menjelekan penulis dari jurnal tersebut, namun untuk mempelajari dan menganalisis agar dapat menambaha wawasan dan pengetahuan.

 


DAFTAR PUSTAKA

 

1.     Sodiq Anshori,Pemanfaatan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran di Sekolah,Jurnal Ilmiah Pendidikan Pkn dan Sosial Budaya,Civic Culture,hal 10-20

 

2.     Kukuh Andri Aka,Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar,2017,Vol. 1,No. 2a, hal 28-37


TERIMA KASIH



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Penulisan CBR dan CJR

  CBR dan CJR 1. CBR (Critical Book Report) adalah kegiatan untuk mengkritisi buku atau mengetahui kelemahan dan kekuranagan dalam buku, ba...