CBR dan CJR
1. CBR (Critical Book Report) adalah kegiatan untuk mengkritisi buku atau mengetahui kelemahan dan kekuranagan dalam buku, baik dalam sistematika penulisan,penggunaan bahasa,isi materi dan tampilan buku. hal tersebut dilakukan agar buku yang dikritik dapat direvisi agar menjadi buku yang lebih baik. Contoh penulisan CBR :
|
Diajukan
untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
Buku
utama : Buku Ajar Teknologi, Informasi dan Komunikasi
(EniFariyatul
Fahyuni, S.Psi, M.Pd.I)
Buku
Pembanding : Pengantar Teknologi Informasi (edisi revisi)
(Abdul
Kodir & Terra Ch.Triwahyuni)
NAMA : Vera Wati Sihombing
KELAS : E_Geografi
NIM : 3203131029
MATA KULIAH : Teknologi Informasi dan Komunikasi
DOSEN PENGAMPU :
M. Taufik Rahmadi, S.Pd., M.Sc
JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2020
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan pada Tuhan Yang
Maha Esa karena dengan rahmat dan hidayahnya saya dapat menyelesaikan tugas
Critcal Book Report ini tepat waktu. Dan juga saya tidak lupa mengucapkan
terimakasih kepada dosen mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi yang
telah memberi saya tugas serta membimbing saya , hingga tugas ini dapat
diselesaikan.
Saya berharap tugas Critical Book Report
ini dapat berguna dan menambah ilmu serta wawasan bagi pembaca. Saya juga
sebagai penulis menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini masih banyak
kesalahan yang tidak diharapkan. Untuk
itu saya sebagai penulis menerima kritik, saran dan usulan untuk memperbaiki
setiap tugas untuk kedepannya.
Semoga tugas laporan ini dapat dipahami
dan menmbah ilmu bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah
disusun ini dapat berguna bagi penulis dan pembaca. Demikian laporan yang saya
buat, apabila ada kesalahan dalam kata-kata yang kurang berkenan saya minta
maaf dan saya menerima saran dan kritik untuk membangun tugas ini di masa
depan.
Medan, 2020
Vera
Wati Sihombing
DAFTAR
ISI
A. Rasionalisasi Pentingnya CBR
1. Pembahasan Buku Utama dan Pembanding
2. Analisis Buku Utama dan Pembanding
Identitas
Buku
1. Judul
Buku Utama : Ajar Teknologi Informasi
dan Komunikasi
Pengarang
: Eni Fariyatul Fahyuni,
S.Psi,M.Pdi
Penerbit : UMSIDA PRESS
Tahun
Terbit : 2017
ISBN
: 978-979-3401-60-7
Halaman
Buku : 232 halaman
2. Judul
Buku Pembanding : Pengantar Teknologi
Informasi
Pengarang : Abdul Kodir & Terra Ch. Triwahyuni
Penerbit
: Andi
yogyakarta
Tahub
Terbit : 2013
ISBN : 978-979-29-2159-5
Halaman
Buku : 26 halaman
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Rasionalisasi Pentingnya CBR
Banyak orang sering kalibingung dalam
memilih buku referensi untuk dibaca. Dan hal ini terjadi karena saat kita ingin
membaca dan mengmbil satu buku namun tidak memuaskan, karena buku yang dibaca
sulit dipahami dalam penggunaan kata atau kurangnya materi pembahasan dalam
buku tersebut.
Oleh karena itu penulis membuat CBR
(Critical Book Report) ini untuk mempermudah pembaca dalam memilih buku referensi.
B.
Tujuan CBR
Mengkritisi atau membandingkan sebuah buku
yang berbeda dengan topic yang sama, yang dibandingkan dalam buku tersebut
yaitu, kelengkapan pembahasannya, keterkaitan antar bab,serta kekurangan atau
kelebihan yang terdapat dalam buku tersebut.
C.
Manfaat CBR
Adapun
manfaat dari penulisan Critical Book Refiew ini adalah :
1. Untuk
menambah wawasan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi .
2. Untuk
mengetahui dasar-dasar dari Teknologi Informasi dan Komunikasi.
3. Untuk
memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi dan komunikasi.
BAB II
RINGKASAN
1. Rinkasan Buku Utama
Saat mendngar kata teknologi pasti yang
kita pikirkan adalah seperti computer, mp3 dan jenis teknologi lainnya. Pada
jaman sekarang teknologi sudah seperti menjadi kebutuhan utama kita, bahakan
setiap orang , pelajar maupun guru menjadikan teknologi sebagai media
pembelajaran. Dan mungkin saja bahwa setiap sekolah sudah menerapkan materi TIk
(Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Saat ini teknologi sangatlah mempengaruhi kehidupan manusia dalam
berbagai aspek . teknologi komunikasi yang terus mengalami kemajuan akan
mempengaruhi pola komunikasi masyarakat nantimya. Oleh karena itu dapat
dikatakan bahwa mengintegrasikan TIK dalam kehidupan sehari-hari khususnya
dalam pendidikan merupakan hal yang sangat penting saat ini. Saat ini hamper
setiap siswa mengakse internet. Menurut Hardjito , bahwa secara nyata internet
memang akan bisa digunakan dalam setting pembelajaran disekolah, karena
memiliki karakteristik yang khas yaitu;
1.
Sebagai media interpersonal dan juga
sebagai media massa yang memungkinkan terjadinya komunikasi one-to-one maupun
one-to-many.
2.
Memiliki sifat interktif
3.
Memungkinkan terjadinya komunikasi
secara synchronous maupun asynchronous, sehingga memungkinkan
terselenggarakannya ketiga jenis komunikasi yang merupakan syarat
terselenggaranya suatu proses belajar mengajar.
Kemajuan media computer memberikan beberapa kelebihan untuk kegiatan prosuksi audio visual. Aplikasi computer dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individu learning). Pemakai computer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi. Perkembangan teknologi computer jaringan (computer network/ imternal) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang di inginkan.
Pemanfaatan microsoft power point. Microsoft power point merupakan sebuah software yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan microsoft berbasih multi media.microsoft power point adalah program aplikasi untuk membuat atau mengolah data presentasi. Data presentasi yang dibuat dapat berupa teks, tabel, gambar, bagan organisasi, dan lain sebagainya. Media pembelajaran visual , media yang sering digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah media visual, karena media ini merupakan media yang sederhana dan mudah dijangkau oleh setiap orang. Dari penjelsan di atas dijelskan bhwa teknologi sangatla berguna bagi masyarakat,
E-learning adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media yang digunakan adalah jaringan computer. System E-learning tidak memiliki batasan akses. Penggunaan blended learning bertujuan untuk mendapatkan kualitas pembelajaran yang baik dimana metode online learning dapat memberikan materi secara online tanpa batas ruang dan waktu. Keterampilan TIK adalah kompetensi pada bidang pembelajaran yang mencerminkan pemerataan yang luas dalam keterampilan penggunaan TIK. Keterampilan TIK di adaptasi, di transfer, dan digunakan sebagai alat untuk membantu transformasi pembelajaran dalam hubungannya dengan keterampilan penting lainnya.
1. Ringkasan Buku Pembanding
Teknologi informasi (information technplogy) adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas- tugas yeng berhubungan dengan pemrosesan informasi. Teknologi computer adalah teknologi yang berhubungan dengan computer, termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan computer yaitu: printer, pembaca sidik jari, dan bahkan CD.komputer adalah mesin serba guna yang dapat dikontrol oleh program, dan digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.
Teknologi komunikasi atau biasa juga disebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Yang termasuk dalam teknologi ini adalah telepon,radio,dan televisi. Teknologi tidak harus secara spesifik berupa computer dengan computer, tetapi juga dapat berupa perantara seperti ponsel ataupun peralatan elektromanika yang lain.
Teknologi penyimpan, dibedakn menjadi 2 yaitumemori internal dan memori eksternal. Contoh penyimpanan memori internal: ROM dan RAM. Contoh penyimpanan materi memori eksternal: hard disk dan disket. Teknologi keluaran (output technology) adalah teknologi yang berhubungan dengan segala peran yang berfunsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan system, comtonya yaitu: layar atau monitor dan printer.
System teknologi informasi dapat dibedakn dengan berbagai cara penglafikasian, misalnya menurut fungsi system, menurut departemen dalam perusahaan bisnis, dan menurut dukungan terhadap level manajemen dalam perusahaan dalam. System teknologi informasi dapat dibedakan menjadi system teknologi informasi yang melekat, system teknologi informasi yang khusus, dan system teknologi informasi serbaguna.
a Sistem teknologi informasiyang melekat (Embedded IT Sisitem) adalah system yang melekat pada produksi lain. Contoh: system VCR ( video cassette recorder). Penerapan embleded it system adalah pembaca kartu RFID yang dapay mengendalikan lift agar seseorang hanya bisa masuk ke lantai tertentu sesuai yang di program di kartu RFID
b. System Teknologi informasi khusus ( decidated it system) berupa system yang dirancang untuk melkukan tugas-tugas khusus. Contoh ATM dirancang khusus untuk melakukan pengecekan keuangan bagi nasabah bank
c. System teknologi serbaguna berupa system yang dirancang untuk melakukan tugas tugas apa saja.
BAB III
PEMBAHASAN
1.
Pembahasan Buku Utama dan Pembanding
Teknologi informasi dan komunikasi sangatlah penting dalam era
globalisasi ini. Apalagi penggunaan TIK sudah dipakai dalam pendidikan bahkan
disetiap sekolah mengajarkan materi pembelajaran TIK. Yang menggunakan ilmu
computer bukan hanya siswa tapi juga guru bahkan masyarakat umum. Kegunaan
teknologi dalam kehidupan sehari-hari sudah seperti kebutuhan utama. Banyak
kegunaan ilmu computer untuk manusia seperti; dapat mengerjakan tugas, mngakses
atau melakukan pencarian, melakukan presentasi, dan lain sebagainya,
2.
Analisis Buku Utama dan Pembanding
Kelebihan :
·
Pembahasan dalam kedua buku sangatlah
jelas
·
Sampul pada buku utama sangatlah bagus
sehingga menarik peminat pembaca
·
Penggunaan kata pada kedua buku mudah
dimengerti karna bahasa yang dipakai bahasa yang sederhana
Kekurangan
:
·
Kedua buku memiliki istilah-istilah yang
sulit dipahami
·
Sampul pada buku pembanding kurang
menarik
· Pada buku utama menjelaskan dengan bertele-tele
BAB IV
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa kedua buku
menjelskan dengan sangat jelsa tentang TIK (teknologi informasi dan komunikasi)
dan teknologi sudah dipakai seluruh Negara , apalagi pada zaman modern ini
semuanya serba instan. Bahkan dalam pendidikan TIK sangatlah berdampak besar
dalam pembelajaran, menggunakan akses internet untuk mencari informasi dengan
mudah, dalam melakukan tugas, dan menambah ilmu dengan video pembelajaran.
2.
Saran
Adapun saran penulis ialah untuk membangun , kedua buku ini sangatlah cocok dijadikan buku referensi dan penjelasan disetiap bab juga dijelskan denngan terperinci dan kritis. Mungkin itu saja saran yang saya sampaikan semoga dapat membangun untuk kedepannya.
DAFTAR
PUSTAKA
EniFariyatulFahyuni,S.P.Si,M.Pd.I,2017,Ajar Teknologi Informasi dan Komunikasi;UMSIDA
PRESS
AbdulKodir&TerraCh.Triwahyuni,2013,Pengantar Teknologi Informasi;ANDI Yogyakarta
2. CJR (Critical Journal Review) adalah mengkritisi satu atau lebih jurnal. penulisan jurnal dilakukan untuk mempermudah dalam membahas inti hasil penelitian yang ada. dan dalam jurnal yang dikritisi adalah dimana penelitian dilakukan, metode apa yang digunakan dala jurnal tersebut, apa hasil dari jurnal tersebut, dan apa tujuan yang dilakukan dalam penulisan jurnal tersebut. penulisan CJR membuat seseorang berpikir kritis. Contoh penulisan CJR :
|
|
(Pemanfaatan TIK Sebagai Sumber dan
Media Pembelajaran di Sekolah)
(Pemanfaatan teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar)
NAMA : VERA WATI SIHOMBING
NIM : 3203131029
KELAS : E_GEOGRAFI
DOSEN PENGAMPU : M. Taufik Rahmadi, S.Pd., M.Sc
MATA KULIAH : TIK
PENDIDIKAN
GEOGRAFI
FAKULTAS ILMU
SOSIAL
UNIVERSITAS
NEGERI MEDAN
2020
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan pada Tuhan Yang Maha Esa karena dengan Rahmat
dan Hidayah nya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Critical Journal
Review ini dengan baik dan tepat waktu. Saya juga sebagai penulis tidak lupa
untuk mengucapkan terima kasih kepada Dosen mata kuliah TIK.
Penulis sangat berharap bahwa rugas Critical Journal Review ini dapat
berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahan kita. Dan penulis juga
menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan
atau kesalahan yang tak diinginkan di dalam makalah ini. Maka dari itu penulis
meminta kritik dan saran yang membangun dari Dosen pengampu atau pembaca agar
penulis dapat memperbaiki makalah nya untuk masa yang akan datang.
Semoga penulisan yang sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang
membaca nya. Sekiranya tugas review yang telah saya susun ini dapat berguna
bagi penulis maupun pembaca. Sekian dari makalah yang telah saya susun maaf
bila ada kesalahan dalam kata saya berterima kasih atas saran dan kritik yang
dapat membangun saya.
Medan, 2020
Penulis
DAFTAR
ISI
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pembuatan Critical Journal review ini disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Selain itu
tugas ini disusun untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang pemakaian atau
perkembangan teknologi di jaman Modern sekarang. Dan dalam CJR ini akan
membahas tentang Jurnal yang akan dianalisis dan akan membandingkan antara 2
jurnal secara kritis dan relevan.
1.2 Tujuan
-
Untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi dan
Komunikasi
-
Mengetahui kekurangan dan kelebihan yang terdapat dalam jurnal
yang dibahas
-
Menganalisis materi yang bersangkutan tentang Teknologi Informasi
dan Komunikasi dalam jurna
-
Menambah pengetahuan dan wawasan untuk penulis cara bagaimana
penyusunan jurnal yang baik dan benar.
1.3 Manfaat
Manfaat dari
penyusunan tugas ini adalah untuk melatih mahasiswa untuk menganalisis
kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam jurnal serta membandingkan antara
kedua jurnal dengan kritis dan relevan. Dan penyusunan CJR ini untuk
mempelajari tentang materi yang bersangkutan dengan Tik, dan mengetahui
bagaimana penulisan jurnal yang baik dan benar. Penyelesaian tugas ini juga
untuk memenuhi tugas mata kuliah TIK.
1.4 Identitas Jurnal
Jurnal Pertama
-
Judul : Pemanfaatan TIK
sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Di Sekolah
-
Penulis : Sodiq Anshori
-
Nama Jurnal : Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn dan Sosial Budaya
-
Penerbit : Civic Culture
-
Tahun terbit : -
-
Kota Terbit : -
-
ISSN (p) : 2579-9924
-
ISSN (e) : 2579-9878
-
Vol : -
-
NO : -
-
Halaman : 10-20
Jurnal Kedua
-
Judul : Pemanfaatn Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK)
sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar
-
Penulis : Kukuh Andri Aka
-
Nama Jurnal : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
-
Penerbit : ELSE
-
Tahun Terbit : 2017
-
Kota terbit : Kediri
-
ISSN (p) : 2581-1800
-
ISSN (e) : 2597-4122
-
VOl : 1
-
No : 2a
-
Halaman : 28-37
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1Jurnal Pertama
Perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi melaju begitu cepat merambah ke semua sector kehidupan. Seiring dengan
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat. Saat ini
konsep e-learning banyak diterima oleh masyarakat di dunia, terbukti dengan
maraknya implementasi e-learning khususnya di lembaga pendidikan. System ini
merupakan system yang efisien dan efektif karena dengan hanya menggunakan
koneksi internet akan terwujud suatu proses pembelajaran. sumber belajar dalam
era digital ini dikenal dengan istilah OER (open Educational Resource) yaitu
setiap asset atau sumber belajar yang dapat diakses, diunduh dan digunakan
secara bebas dan terbuka oleh public untuk kepentingan pembelajaran dan
penelitian, tanpa perlu mengajukan ijin tertulis kepada pencipta/penerbit.
Perubahan
lingkungan ,social, ekonomi, teknologi, sampai politik sangat berpengaruh pada
dunia pendidikan maka perlu adanya suatu pemikiran bagaimana perubahan tersebut
mampu mempengaruhinya sebuah institusi social dan tentu berinteraksi dengan
perubahan tersebut. Perkembangan dunia pendidikan adalah munculnya teknologi informasi.
Perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap aktivitas manusia,
termasuk masa sekarang. Dikemukakan pendapat menurut Sondang P Siahaan, yaitu
terdapat tiga fungsi pembelajaran di dalam kelas yaitu :
1. Suplemen,
pembelajaran TIK pada peserta didik merupakan tambahan
2. Komplemen,
pembelajaran TIK pada peserta didik merupakan pelengkap
3. Substitusi,
pembelajaran TIK pada peserta didik dapat mengerjakan tugas nya dengan waktu
dan aktivitas nya secara fleksibel
Penerapan
TIK dalam pembelajaran diharapkan siswa dapat menggunakan nya dan
mengeksplorasi, mencari, menganalisa, dan saling tukar informasi secara efisien
dan efektif. Penambahan kemampuan siswa dapat mengembangkan sikap inisiatif dan
kemauan belajar dengan mandiri, sehingga siswa dapat memutuskan sendiri dan
mempertimbangkan kapan dan dimana menggunkan TIK secara tepat dan optimal.
Keberhasilan penggunaan TIK adalah bagaimana siswa dapat belajar, dengan cara
mengidentifikasi, mengembangkan, mengorganisasikan, serta menggunakan segala
macam sumber media belajar. Defiinisi teknologi pembelajaran menyatakan bahwa
teknologi pendidikan adalah teori dan praktek dalam hal desain, dan
pengembangan.
Metode penelitian, penelitian pada
jurnal pertama menggunkan metode penelitian berupa studi literatur untuk
mengetahui besarnya manfaat TIK dalam pembelajaran di sekolah, khususnya dalam
mata pelajaran pengetahuan social. Hasil dari penelitian tersebut :
a. Pengertian
TIK
TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengembilan,
pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.
Ditinjau dari susunan kata nya TIK mempunyai pengertian dari tiap susunan kata
nya. Kata pertama teknologi berarti pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin,
material, dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Kata kedua
dan ketiga yaitu informasi dan komunikasi yang memiliki hubungan yang erat
kaitannya dengan data.
b. Penggunaan
TIK sebagai Sumber Media Belajar
Pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengajaran
merupakan pemberdayaan unsur kekuatan luar yang mengakibatkan munculnya sumber
pembelajaran yang luar biasa. Dimana sumber belajar dapat diakses kapan pun dan
dimana pun. Penerapan pembelajaran melalui internet (e-learning), merupakan
suatu media baru yang dapat mengatasi sikap pasif peserta didik. Dengan
penerapan e-learning dapat memberikan manfaat pada peserta didik. Terdapat tiga
tahap dasar dalam teknologi pendidikan sebagai acuan dalam pengembangan dan
pemanfaatan : pendekatan system, berorientasi pada mahasiswa, pemanfaatan
sumber belajar.
c. Pemanfaatan
TIK sebagai Media Pembelajaran di Sekolah
Pemakaian media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar
dapat membangngkitkan keinginan dan minat yang baru, dan rangsanganan kegiatan
belajar dan bahakan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Selain itu
dengan semakin meluasnya kemajuan di bidang komunikasi dan teknologi, serta
serta ditemukannya dinamika proses belajar, maka pelaksanaan kegiatan
pendidikan dan pengajaran semakin menuntut dan memperoleh media pendidikan yang
bervariasi secara luas. Pemanfaatan TIK dalam hal positif untuk menunjang
perkembangan pendidikan :
1. Menyadarkan
peserta didik akan potensi perkembangan TIK yang harus berubah sehingga peserta
didik dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari TIK sebagai dasar
untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi
kemampuan peserta didik untuk bisa beradaptasi dan mengantisispasi perkembangan
TIK, sehingga peserta didik menjadi lebih mandiri dalam melakukan aktivitasnya.
3. Mengembangkan
kompetensi peserta didik dalam menggunakan TIK untuk mendukung kegiatan
belajar.
4. Mengembangagkan
kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses belajar dapat optimal.
5. Mengembangkan
kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung
jawab dalam TIK untuk pembelajaran.
d. Pemanfaatan
TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran di Sekolah
Peran sumber serta media pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dengan harapan mampu meningkatkan
kualitas hasil belajar siswa. Guru yang professional harus memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang media pembelajaran yaitu sebagaoi : media sebagai alat komunikasi, fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, seluk beluk kegiatan proses pembelajaran, hubunga metode dengan media pembelajaran, pemilihan penggunaan media pembelajaran, jenis dan alat teknik media, media dalam setiap karakteristik bahan belajar. Adanya media dan teknologi di dalam proses pembelajaran di kelas, telah mampu mengubah peran guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran. dangan melalui TIK sebagai sember media pembelajaran terbentuklah sikap dan kemampuan untuk menjadi seseorang pembelajaran sepanjang hayat dimana kemampuan yang perlu ditanamkan kepada peserta didik adalah kemampuan mencari informasidari sumber yang ada serta mampu memanfaatkan.
2.1Jurnal Kedua
Pengaruh
globalisasi sangat mempengaruhi system budaya suatu bangsa atau dengan kata
lain pada era globalisasi saat ini muncul apa yang disebut kebudayaan global.
Globalisasi mengakibatkan mudahnya penetrasi teknologi yang sangat canggih dari
Negara-negara berkembang semacam Indonesia. Pada dunia pendidikan Indonesia,
globalisasi memberi dampak keharusan perubahan pada cara mengajar guru yang
dulunya bersifat tradisional berbasis paper menjadi kini berbasis TIK. Dalam
bidang pendidikan, TIK telah mengubah paradigm penyampaian materi pelajaran
kepda peserta didik. Salah satu contoh pemanfaatan TIK dalam pendidikan adalah
dengan memanfaatkan teknologi seperti computer/laptop, jaringan internet, dan
smartphone sebagai sumber atau media belajar sebagai sumber atau media
belajarbagi siswa. Seperti yang kita ketahui bahwa peserta didik bukanlah
sekedar obyek pasif dalam pembelajaran yang “diam dan duduk” saja, akan tetapi
dapat menjadi subjek yang ikut berinteraksi langsung dalam pembelajaran. dalam
hal tersebut secara bertahap pembelajaran yang cenderung tradisional ini perlu
digeser engan model pembelajaran yang mengarah pada keaktifan siswa.
Kajian Teori
-
Pengertian TIK, secara istilah TIK terdiri dari dua pengertian
yang berbeda yaitu teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan
dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan
informasi. Lalu teknologi komunikasi meliputi segala sesuatu yang berkaitan
dengan penggunaan alat bantu untuk memroses dan mantransfer informasi dari satu
perangkat ke perangkat lainnya.
-
Fungsi TIK bagi Guru, Guru perlu menguasai pemanfaatan TIK untuk
kebutuhan pembelajaranya dan kebutuhan tugasnya sebagai pembelajar. Fungsi TIK
bagi Guru menurut Wijayanti :
1. TIK dapa
digunakan untuk membantu pekerjaan adminstratif .
2. TIK dapat
digunakan untuk membentu mengemas bahan ajar (multimedia)kebutuhan tingkat
menengah
3. TIK dapat
digunakan untuk membantu proses manajeman pembelajaran seperti e-learning,
kebutuhan tingkat lanjut, dll.
4. TIK dapat
digunakan untuk dukungan teknis dan meningkatkan pengetahuan agar dapat
mewujudkan self running creation (antivirus, tools, jaringan, internet, dll).
-
Kompetensi penguasaan TIK yang harus dikuasai oleh guru sekolah
dasar, standar kompetensi guru harus dikuasai dalam penguasaan TIK menurut
wijayanti (2011) yaitu : mengoperasikan computer personal dan priferalnya,
merakit, menginstalisasi, menset-up, memecahkan masalah computer personal ,
mengolah pangkalan data dengan computer personal dan server, membuat potensi
interaktif.
-
Pemanfaatan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran di sekolah
dasar, Pada umumnya TIK dapat dimanfaatkan pada seluruh jenjang pendidikan
salah satunya yaitu sekolah dasar, pemanfaatan TIK pada sekolah dasar
mangakibatkan guru harus lebih kreatif dalam menginovasikan TIK karena
karakteristik setiap mata pelajaran berbeda-beda. Beberapa jenis sumber dan
media pembelajaran berbasis TIK yang dapat dimanfaatkan guru disekolah dasar
yqitu : computer/laptop, LCD (Liquid Crystal Display), smart television,
jaringan internet, E-mail, presentasi power point CD pembelajaran, dan
smarthphone.
-
Keterbatasan penggunaan TIK di sekolah dasar. Penerapan TIK
cenderung berbasis mahal, memerlukan keterampilan yang berbasis TIK, program
yang tersedia belum memperhatikan kreativitas siswa, mengurangi interaksi guru
dengan siswa, proses pembelajaran cenderung ke pelatihan, terjadi penyalah
gunaan di bidang pendidikan, tidak tersedia fasilitas internet/computer.
- Upaya meningkatkan kemampuan penugasan TIK bagi guru : (1) mengirim guru untuk mengikuti pelatihan mengenal TIK, (2) mengadakan kegiatan tentang TIK, (3) melengkapi berbagai sarana dan media TIK, (4) melaksanakan dan melatih pembelajaran dengan strategi dalam TIK, (5) mengadakan studi banding.
BAB
III
ANALISIS
1.
Kelebihan
:
·
Gaya bahasa yang dipakai dalam kedua jurnal menggunakan bahasa
yang sederhana sehingga mudah dipahami
·
Penjelasan pada setiap paragraph yang terdapat pada kedua jurnal
dijelaskan dengan detail
·
Jurnal kedua memiliki identitas yang lengkap
·
Jurnal pertama memiliki penggunaan metode penelitian
·
Jurnal kedua memiliki tahun terbit pada 2017, yang mungkin saja
penelitian yang dilakukan masih memiliki hesamaan dengan tahun sekarang karena
hanya berselisih tiga tahun.
·
Pada kedua jurnal disusun dengan aturan yang telah diterapkan,
disusun secara sistematis dan relevan sehingga kedua jurnal merupakan jurnal
yang baik.
2.
Kekurangan
:
·
Pada jurnal pertama tidak memiliki identitas yang lengkap
· Pada jurnal kedua tidak dijelaskan bagaimana atau metode apa yang dipakai dalam penelitian atau mendapat hasil
Pada kedua jurnal memilki banyak kata-kata yang sulit dimengerti (istilah) dan tidak memiliki pengertiannya
BAB
IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dapat disimpulkan
bahwa penggunaan TIK dalam pelajaran di sekolah sudah banyak digunakan terutama
pada sekolah dasar. Namun dalam penerapan TIK memiliki kelebihan dan kekurangan
pada tiap-tiap proses nya. Kelebihan yang terdapat yaitu; mencari informasi
dalam pelajaran sangat mudah dan kekurangannya adalah penyalah gunaan pada TIK,
dan membuat guru harus belajar kembali untuk menyeimbangkan perkembangan
teknologi. Jadi pemakaian TIK pada sekolah dasar sanagat membantu dan menambah
kreativitas para guru daklam penyususnan materi, dan bagi siswa untuk
meningkatkan kreatifiatas dalam belajar
B.
Saran
Saya menyadari
kekurangan dari penyusunan tugas CJR saya, maka dari itu saya meminta kritik
dan saran yang membangun agar saya dapat memperbaiki Tugas saya untuk masa yang
akan datang. Dan dari kelebihan dan kekutrangan yang terdapat dari jurnal
tersebut, maka pembaca sebaiknya membaca kedua jurnal tersebut agar materi yang
dibahas lebih lengkap. Dan kekurangan yang disampaikan bukan untuk menjelekan
penulis dari jurnal tersebut, namun untuk mempelajari dan menganalisis agar
dapat menambaha wawasan dan pengetahuan.
DAFTAR
PUSTAKA
1.
Sodiq Anshori,Pemanfaatan TIK sebagai Sumber dan Media
Pembelajaran di Sekolah,Jurnal Ilmiah Pendidikan Pkn dan Sosial Budaya,Civic
Culture,hal 10-20
2.
Kukuh Andri Aka,Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar,2017,Vol. 1,No. 2a,
hal 28-37
TERIMA KASIH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar